GOA PINDUL WIRA WISATA JOGJA

GOA PINDUL WIRA WISATA JOGJA

Wesite Resmi Pengelola Wisata Goa Pindul , WiraWisata. Informasi & Booking Tiket Wisata Goa Pindul, Sungai Oyo dan Obyek Wisata lain di sekitarnya. Cp : 0816664507 , 0818204507 , 08122709533

GOA PINDUL WIRAWISATA

Operator Resmi Terbaik Goa Pindul , Wirawisata Jogja.
Semua Informasi Wisata Goa Pindul, Sungai Oyo dan Obyek Wisata lain di sekitarnya. Cp : 0816664507 , 0818204507 , 08122709533

Sejarah dan Asal usul Goa Pindul
Foto Goa Pindul

Selain Harga Tiket,Lokasi atau Deskripsi Goa Pindul, Informasi ini juga sering dicari oleh wisatawan yang ingin atau sudah berkunjung ke Goa Pindul. Yaitu mengenai Sejarah dan asal usul Goa Pindul.


Meskipun website ini tidak selalu duduk di urutan teratas atau halaman pertama di serps Google, kami memastikan, anda tidak salah klik jika ingin mendapatkan informasi yang anda perlukan. Dengan sumber yang dapat di percaya, karena Anda sudah masuk di website resmi pengelola obyek wisata ini. Pindul.net adalah salah satu website resmi Goa Pindul di Wirawisata.

Banyak informasi yang akan anda dapatkan di website ini diantaranya :

Sejarah Goa Pindul


Pada laman ini akan kami tuliskan tentang Sejarah dan Asal-usul Goa Pindul.

Sebelum menuliskan artikel sejarah Gua Pindul, pertama-tama kami akan menuliskan asal mula Goa Pindul dibuka sebagai obyek wisata. Karena mungkin jika Goa Pindul tidak dijadikan sebagai obyek wisata, Sejarah dari nenek moyang yang berisi tentang Goa Pindul ini pun tak pernah terkuak dan kami tuliskan disini.

Berikut kami tuliskan tentang asal mula Gua Pindul hingga dijadikan wisata dan menjadi terkenal sampai saat ini.

Goa Pindul memang ada sejak dulu, bahkan mungkin tidak ada orang yang pernah tahu secara pasti kapan goa ini terbentuk. Gua Pindul terbentuk secara alami mungkin berjuta-juta tahun yang lalu sebelum masehi. Tidak ada unsur buatan manusia sedikitpun hingga membentuk lorong gua. Kealamian gua masih kami jaga hingga sekarang.

Sebelum dibuka sebagai obyek wisata, Goa pindul hanya dijadikan tempat untuk aktivitas warga sekitar diantaranya untuk  mandi, mencuci pakaian atau tempat memancing.
Mandi di sungai ini mungkin dilakukan warga sekitar tiap harinya, karena airnya yang bersih dan selalu mengalir tidak terkontaminasi limbah pabrik dsb. 

Selain untuk mandi aktivitas lain yang dilakukan oleh warga sekitar adalah untuk mencuci pakaian sehari-hari. Namun anda tidak perlu khawatir, saat ini kegiatan tersebut sudah dilarang pada siang hari atau jika masih kemungkinan masih ada pengunjung yang datang kegiatan tersebut tidak diperbolehkan.

Kegiatan lainnya adalah sebagai lokasi mancing yang strategis. Banyak ikan yang berhabitat, warga sekitar mencarinya sebagai lauk makan mereka sehari-hari. Dan sampai saat ini pun masih dilakukan kegiatan ini oleh warga sekitar di malam hari. Anda pun boleh mencobanya saat berhomestay disini.

Pada tahun 2010 akhir Goa pindul mulai dibuka sebagai obyek wisata oleh pokdarwis dari warga sekitar. Awalnya adalah sebuah ide dari seorang mahasiswa di salah universitas negeri di Yogyakarta (UGM), yang melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Dusun Gelaran. Ingin meneliti bebatuan dan kedalaman air di dalam Goa Pindul.

 Setelah masuk dan melihat keindahan didalam Goa, beberapa orang dari mereka mempunyai gagasan yang cukup mengagumkan mempunyai pemikiran yang menakjubkan bahwa Goa Pindul ini layak untuk dijadikan obyek wisata.

Menindak lanjuti ide dari sang mahasiswa tersebut, akhirnya beberapa bulan kemudian dilakukan penelitian mendalam dan terus menerus untuk meneliti dari segi keamanan dan kelayakan goa untuk wisata. Akhirnya pada 10 Oktober 2010 warga dan beserta pemerintah daerah meresmikan Goa Pindul sebagai obyek wisata minat khusus.

Goa Pindul yang dulu hanya warga sekitar saja yang berani masuk karena keterbatasan alat dan penerangan. Masyarakat juga masih menganggap goa ini sebagai goa yang sakral, sehingga tidak banyak yang berani masuk hingga ke dalam. Ini sebelum ada penelitian di goa pindul. 

Meskipun sampai sekarang Goa ini masih dianggap sakral oleh warga sekitar,
Sebagian besar wisatawan yang sudah berkunjung di obyek wisata ini justru kagum dengan keindahannya. Dari yang semula mempunyai sedikit rasa takut sebelum masuk gua, namun setelah masuk justru malah rasa tukut itu hilang, terbayar dengan panorama yang ada didalamnya. "Unik menarik dan sangat seru !!!" ini adalah ulasan yang sering kami temukan di internet.

Wisatawan memang tidak perlu ragu untuk menyusuri goa pindul, keamanan kami jamin 100%, jika anda mengenakan peralatan yang kami sediakan. Bukti nyata adalah seluruh pengunjung, yang jumlahnya mungkin sudah ratusan ribu orang. Mereka cukup nyaman, karena selain peralatan yang benar-benar safety masih didampingi pemandu yang cukup berpengalaman.


Awal-awal di buka sebagai wisata, gua pindul memang terkesan biasa saja. Hanya beberapa orang saja yang berkunjung tiap harinya. Tapi mengapa obyek wisata ini bisa terkenal seperti sekarang ? ada banyak faktor yang mempengaruhi hal ini.

Silahkan baca : 


Namun karena keindahannya, peminat obyek wisata ini kian meningkat tiap tahunnya. Ini terlihat dari data statistik pengunjung di tempat kami Wira Wisata.

Untuk deskripsi lengkap yang membahas tentang goa pindul silahkan baca di sini.

Tulisan di atas adalah awal mula Goa Pindul dijadikan obyek wisata dan hingga sekarang termasuk Wisata yang paling populer di Yogyakarta khususnya Gunungkidul.

Dan di bawah ini kami tuliskan kutipan Sejarah Goa Pindul.

Inilah kutipannya :


""Asal Usul Goa Pindul" Goa Pindul,berasal dari kisah perjalanan Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan yang di utus oleh Panembahan Senopati Mataram,untuk membunuh bayi laki-laki buah cinta Putri Panembahan Senopati. Dalam perjalanannya,kedua Abdi itu sepakat untuk tidak membunuh sang bayi. Keduanya lalu pergi kearah timur yaitu ke (arah Gunungkidul),sementara itu sang bayi terus menangis,kedua utusan itupun memutuskan untuk memandikan sang bayi. Ki Juru Mertani naik ke salah satu bukit dan menginjak tanah di puncak bukit,dengan kesaktiannya tanah yang diinjak pun runtuh dan mengangalah sebuah lubang besar dengan aliran air dibawahnya, kemudian sang bayi dimandikan di dalam goa di lubang tadi.
 Saat dimandikan "pipi" sang bayi terbentur (jawa = kebendul)batu yang ada didalamnya. Karena peristiwa tersebut akhirnya goa itu dinamakan Goa Pindul (Pipi Kebendul)"

Sedikit tulisan yang saya beri tanda kutip di atas ini saya ambil dari sebuah dokumen di Wirawisata yang berjudul Sejarah Asal-usul Goa Pindul. Ini mungkin adalah cerita sejarah dari nenek moyang kami. Seperti halnya tempat-tempat wisata yang lain contohnya Candi Prambanan, Candi Borobudur, Keraton Jogja dan hampir semua tempat wisata mempunyai cerita sejarah sendiri-sendiri.


Nah...tulisan saya di atas yang berjudul Sejarah dan Asal-usul Goa Pindul mungkin bisa sedikit menjawab informasi yang anda butuhkan.

Itulah sejarah dan awal mula gua pindul, bukti otentik tentang hal ini juga bisa anda dapatkan saat berada di basecamp Wirawisata.

Anda belum pernah ke Goa Pindul ???atau mungkin tertarik mengunjungi tempat ini ??? baca dulu Tips wisata di laman : 9 Hal persiapan sebelum ke Goa Pindul

Terima Kasih telah membaca artikel ini.
Booking Tiketnya dari Sekarang, hanya di pengelola RESMI !!!

Hubungi Kami :
RUDY : 0818-204-507
NITHA : 081-2270-9533 , 0819-0418-0055

Dapatkan Fasilitas dan Pelayanan yang terbaik dari Kami
GOA PINDUL WIRA WISATA JOGJA.

Artikel dengan kategori :asal usul | berita | goa pindol | goa pindul | goa pindul jogja | gua pindul | sejarah dengan judul Sejarah dan Asal-usul Wisata Goa Pindul Jogja.