GOA PINDUL WIRA WISATA JOGJA

GOA PINDUL WIRA WISATA JOGJA

Wesite Resmi Pengelola Wisata Goa Pindul , WiraWisata. Informasi & Booking Tiket Wisata Goa Pindul, Sungai Oyo dll Cp : 0274-2903089 , 0818204507 , 08122709533 Email:admin@pindul.net

GOA PINDUL WIRAWISATA

Operator Resmi Terbaik Goa Pindul , Wirawisata Jogja.
Informasi Wisata. Cp : 0274-2903089 , 0818204507 , 08122709533 Email : admin@pindul.net


Goa Pindul

Apa itu goa pindul, di mana letak lokasinya, berapa harga tiket masuknya atau pertanyaan lain yang biasa kami temui.

Di bawah ini akan kami uraikan lengkap untuk menjawab beberapa pertanyaan di atas. Yaitu mengenai deskripsi Goa Pindul.

Hubungi Kami Segera, Dapatkan Diskon Khusus Liburan Natal dan Tahun Baru (klik disini)

Banyak bertebaran iklan di internet yang menawarkan jasa reservasi obyek wisata ini, dengan berbagai media sosial dan blog.  Sehingga orang akan dengan mudah mendapatkan info seputar obyek wisata ini.

Apa perbedaan website ini dengan website-website yang lain ? 
pindul.net adalah website resmi dari pengelola Resmi Goa Pindul Wira Wisata Jogja.
Karena kami adalah pengelola resmi obyek wisata ini, kami akan lebih memberikan artikel yang informatif, berguna untuk wisatawan dan dapat di pertanggung jawabkan.

Berikut kami jelaskan lebih deskriptif :  Nama yang benar adalah Goa Pindul = Gua Pindul atau Pindul Cave dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa jawa adalah guo pindhul


Nama " PINDUL"  diambil dari kutipan legenda tempat ini, berasal dari kata "PIPI" dan " KEBENDUL" dan di singkat menjadi Pindul.
Cerita sejarahnya Baca di :  Sejarah dan Asal-usul Gua Pindul

Banyak juga dari mereka yang mengetikan goa pinggul atau gua pendul pada pencarian Google. Ini biasanya disebabkan karena mereka hanya mendengar dari ucapan orang lain yang mungkin tidak terlalu jelas.

Dan sekarang anda sudah tahu nama yang benar.

Goa Pindul


Goa Pindul atau Gua Pindul adalah obyek wisata alam susur Gua bawah tanah, dengan aliran sungai di sepanjang lorong, salah satu tempat wisata dengan kategori minat khusus di Jogja. 


Cara menikmati obyek wisata ini adalah menyusurinya dengan peralatan khusus yaitu dengan menggunakan ban dalam besar (tube) dan jaket pelampung, kami menyebut wisata ini dengan nama Cave Tubing Pindul. 


Ban besar (tubing) tersebut sudah di modifikasi atau diberi pengait berupa tali menyilang di tengah berfungsi sebagai tempat duduk di atas air. 


Lihat gambar paling atas.

Sementara jaket pelampung di pakai seperti rompi, dengan ukuran tertentu yang mampu menahan berat badan lebih dari 100 kg tetap mengambang di permukaan air. Kami memastikan anda tidak akan tenggelam jika memakai jaket pelampung yang kami sediakan, karena sudah memenuhi standart team SAR.


Di tempat kami Wirawisata, kami sediakan  3 jenis ukuran yang berbeda, yaitu kecil (untuk anak-anak), sedang/medium (all size untuk orang dewasa), besar (jumbo), dapat dipilih dan sesuaikan dengan ukuran tubuh.


Sebelum penyusuran wisatawan wajib melalui salah satu operator/pengelola. Dan wajib melakukan pembelian tiket.

Harga tiket wisata goa pindul dapat berubah sewaktu-waktu, untuk informasi silahkan hub :

081-2270-9533 (Telkomsel)

082220122922 (Telkomsel)

0818-204-507 (XL).

 Ketiga nomor ini adalah nomor resmi pengelola wisata. Klik nomor untuk menyimpan.


Dari pembelian tiket wisata di Wirawisata, Wisatawan mendapatkan fasilitas : Peminjaman alat yaitu jaket pelampung dan ban tubing. Fasilitas di basecamp adalah tempat nyaman dan luas, free wifi hotspot, free wedang pindul. Alat transportasi obyek wisata (pajero pindul), pemandu lokal dan asuransi.

Gua Pindul merupakan salah satu dari sekian banyak obyek wisata yang terletak di dusun Gelaran 2, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo kab. GunungKidul.

Tepatnya di sebelah timur kota Yogyakarta. Desa ini termasuk kategori "Desa Wisata" di GunungKidul Yogyakarta. 


Sejak tahun 2010 silam Obyek Wisata ini mulai dikembangkan oleh masyarakat sekitar dan hingga sekarang masih menjadi target destinasi untuk para wisatawan lokal, nasional maupun internasional.

Berikut sedikit penjelasan tentang goa pindul,
Goa Pindul memiliki panjang kurang lebih 350 meter, penyusuran dapat ditempuh dengan waktu normal 40-60 menit. Durasi waktu tergantung situasi, kondisi dan keinginan pengunjung sendiri.

Lebar antar dinding rata-rata 4 meter, ketinggian dari permukaan air dengan dinding atas sekitar 5 meter dan kedalaman air sungai sekitar 1-12 meter.

Namun ada salah satu zona sempit yang hanya dapat di lewati dengan 1 ban/tubing saja (akan kami bahas di bawah), ini adalah alasan kenapa penyusuran goa pindul hanya menggunakan ban, bukan sampan atau perahu karet. Oleh sebab itu wisata ini kami beri nama Cave Tubing Pindul.

Tidak ada batasan usia atau jumlah minimum peserta untuk menyusuri Gua ini, karena sangat aman untuk segala usia. Dan berapapun jumlah peserta yang berkunjung, kami pengelola akan selalu siap untuk melayani dengan sebaik-baiknya di sini.

Setiap wisatawan yang ingin menyusuri  gua, wajib mengenakan peralatan khusus yang sudah kami sebutkan di atas, dan wajib didampingi pemandu/guide dari pengelola. 

Goa Pindul memang mempunyai daya tarik keindahan dan keunikan tersendiri yang mungkin tidak ada di antara goa-goa wisata yang lain, mempunyai beberapa mitos bebatuannya yang bisa membuat perkasa dan juga awet muda. Mitos-mitos Gua Pindul ini seakan menjadi pelengkap keindahan surga tersembunyi ini. 


goa pindul
Start Goa Pindul
Tidak perlu takut untuk menyusuri Goa Pindul, kami sebagai pengelola menjamin keselamatan anda selama di obyek wisata. Asuransi keselamatan pun kami berikan jika anda memesan tiket  atau melalui provider dari kami Wirawisata.

Dalam melakukan susur gua, Anda akan didampingi oleh beberapa guide/pemandu khusus dari operator yang tentunya sudah berpengalaman dan mengerti betul medan dan apa saja yang ada di dalam gua.

Jelas saja pemandu/guide adalah berasal dari penduduk sekitar Pindul.

Pemandu atau Guide dari kami Wirawisata selain sudah cukup berpengalaman juga sering mendapatkan pelatihan dari Bhakti Bca dan menjadi agenda tahunan. Berbagai pelatihan yang diberikan sangat berpengaruh terhadap pelayan kami.

Sedikit gambaran tentang apa saja yang ada di dalam Goa Pindul kami tuliskan di bawah ini :

Di dalam penyusuran Goa Anda akan melihat beberapa ornamen batu stalagtit masih aktif maupun sudah tidak aktif yang menghiasi Goa Pindul. 

Ada juga batu yang disebut batu stalagmit Perkasa dan batu stalagtit Mutiara yang ada di zona ke dua yaitu zona remang. Batu-batu tersebut mempunyai mitos-mitos unik, sudah kami sebutkan di atas, namun pemandu akan menjelaskan hal ini lebih detail.

Mitos di Batu Stalagmit Perkasa
Mitos di Batu Stalagmit Perkasa
Batu stalaktit Mutiara
Batu stalaktit Mutiara
Sesampai tepat di tengah-tengah penyusuran anda akan menjumpai zona paling sempit, karena di zona ini terdapat sebuah batu Stalagtit dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa (disebut dengan nama "Soko Guru").

Soko Guru sendiri berasal dari bahasa jawa kuno yang mempunyai makna "Soko = tiang penyangga dan Guru = Gunung / bukit" maka Soko Guru bisa dimaksudkan sebagai tiang penyangga kedua bukit yang berada di atas Goa Pindul, panjang stalaktit ini sekitar 7 meter.


Batu Soko Guru, Stalaktit Terbesar di Goa Pindul
Batu Soko Guru, Stalaktit Terbesar di Goa Pindul
Walaupun setelah diteliti lebih lanjut, ternyata batu tersebut belum menyentuh sampai dasar sungai Pindul. Karena mengingat kedalaman air di zona tersebut berkisar antara 10-12 meter. Stalagtit ini merupakan terbesar di Goa Pindul dan konon mempunyai peringkat terbesar ke 4 di dunia.

Setelah melewati zona gelap dan sempit, anda akan memasuki zona kelelawar. Ini adalah zona terpanjang yang ada di Goa Pindul, banyak kelelawar kerdil yang tinggal di sini. 

Namun anda tidak perlu takut, kelelawar di Goa Pindul ini cukup jinak dan tidak akan pernah menyerang manusia. Kelelawar jenis ini adalah pemakan serangga atau nyamuk. Kelelawar kecil ini biasa disebut kampret di tempat kami.


Batu Tirai Goa Pindul
Batu Tirai
Batu tirai ini adalah salah satu contoh batu yang mempunyai bentuk unik, Anda juga akan melihat kemerlip cahaya batu kristal di balik batu ini, saat pemandu mengarahkan lampunya.

Sebelum sampai di finish penyusuran, dari dalam anda akan melihat cahaya indah yang nampak dari atas, inilah yang di sebut cahaya surga yang tersembunyi di Jogja (istilah yang nge-trend : The Hidden Paradise Of Jogja).

Foto Goa Vertikal Goa Pindul
Foto Goa Vertikal Goa Pindul
Untuk dapat melihat cahaya seperti ini, anda harus berkunjung pada jam 10-12 siang dan cuaca yang cerah.

Ada momentum yang paling tepat untuk berkunjung ke tempat ini, silahkan lihat tips "waktu terbaik ke Goa Pindul".

Jika sudah sampai di Goa Vertikal biasanya para pemandu akan menyarankan untuk turun dari ban dan mempersilahkan berenang atau melompat dan berfoto-foto di sana. Jika tidak menginginkan, anda boleh tetap duduk diatas ban.

Tentunya pemandu akan mengawasi anda, jadi anda tidak perlu khawatir meskipun anda tidak bisa berenang sekalipun, akan tetap aman dan mengapung di permukaan air.

Anda juga dilarang melepas jaket pelampung ini jika masih bermain di obyek meskipun anda jago atau pandai berenang.

Setelah anda puas melakukan aktivitas di dalam Goa anda bisa keluar berenang atau naik ban lagi sampai finish. Finish Goa Pindul mempunyai nama sendiri, warga sekitar menyebutnya dengan nama Banyu Moto atau Mata Air.

Setelah berjalan keluar, wisatawan akan di jemput dengan alat transportasi unik yang bernama Pajero Pindul. Diantarkan kembali ke basecamp.

Bagi wisatawan yang ingin melanjutkan ke destinasi obyek wisata kami yang ke dua yaitu Sungai Oyo, akan langsung diantarkan dengan pajero hingga lokasi.

Hanya saja berbeda dengan di Pindul, Sungai Oyo adalah penyusuran sungai terbuka mirip sekali dengan Green Canyon, melewati tengah tebing-tebing batuan karst yang tinggi. 

Tulisan lebih mendetail untuk obyek wisata ini sudah kami tulis di River Tubing Oyo,Air terjun Sungai Oyo

Biasanya kami menyajikan dalam bentuk Paket Hemat Goa Pindul dan River Tubing Oyo beserta omah Outbond dan Paket Kuliner Catering dan Paket Lengkap lainnya. 

Bagi anda yang tertarik mengunjungi wisata ini, kami sarankan untuk membaca tips-tips berikut ini agar kunjungan anda lebih terencana.

Note : Untuk mendapatkan informasi terbaru dan ter-update silahkan menghubungi kami di nomor
08122709533 / 0818204507 / 082220122922.

Pastikan terhindar dari Calo atau petunjuk arah tidak resmi, yang pada akhirnya akan membuat kurang nyaman kegiatan wisata anda.
Booking Tiketnya dari Sekarang, hanya di pengelola RESMI !!!

Hubungi Kami :
RUDY : 0818-204-507
NITHA : 081-2270-9533 , 0819-0418-0055

Dapatkan Fasilitas dan Pelayanan yang terbaik dari Kami
GOA PINDUL WIRA WISATA JOGJA.

Artikel dengan kategori :cave tubing | goa pindol | goa pindul | goa pindul jogja | gua pindul | harga tiket | wisata goa pindul dengan judul Deskripsi Lengkap Obyek Wisata Goa Pindul Jogja.